Minggu, 13 November 2016

Cara Cermat Pilih Cincin Kawin Saat Terhalang Biaya


Setiap pasangan tentunya ingin memiliki simbol cinta berupa sepasang cincin yang sesuai dengan pilihan mereka. Maka tak heran mereka tak henti-hentinya mengelilingi toko perhiasan sampai menemukan cincin idaman yang diinginkan. Namun bagaimana jika ternyata cincin tersebut memiliki harga yang tidak sesuai dengan kondisi kantong?

Tika Damarsatya, seorang penjual perhiasan di toko Mirah Jaya mengatakan hal ini memang sering terjadi kepada calon pasangan yang ingin menikah. Banyak di antara mereka yang ingin memesan cincin sesuai keinginannya namun tersendat dalam urusan dana.

Untuk hal seperti ini, biasanya ia mau menerima pesanan cincin yang memiliki desain tersendiri. Namun hal ini tentunya dilakukan dengan sedikit modifikasi yang disesuaikan oleh anggaran biaya.

"Misalnya budget dia Rp 5 juta untuk sepasang cincin, kalau tetap mau pesan cincin, aku sarankan mungkin berat cincinnya dikurangi. Kalau satu cincin normalnya kan 5 gr, jadi 2 cincin 10 gr. Mungkin berat totalnya dikurangi jadi 6 gr atau 8 gr," terangnya saat ditemui Wolipop di toko Mirah Jaya, Blok M Square lantai UG, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2015).

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah, ia akan menyarankan untuk memilih cincin yang sudah terpajang di etalase terlebih dahulu daripada harus membuat cincin dari awal. Karena biaya pembuatan cincin akan jauh lebih mahal.

"Cari saja dulu cincin yang sudah dipajang di etalase. Kalau cincinnya pesan dulu ongkos pembuatannya lebih mahal, sekitar Rp 700 ribu sampai Rp 800 ribu per gram. Sedangkan yang beli langsung dalam artian ready stock, untuk harga sekarang sekitar Rp 460 ribu per gram, bedanya kan lumayan jauh," paparnya lagi.

Selain pemilihan cincin, pemilihan batu permata juga sangat berpengaruh. Ibu satu anak ini menjelaskan, terdapat dua jenis batu berlian yang dapat dipilih. Pertama adalah batu berlian asli yang di dapat dari alam, yang kedua adalah sirkon, sejenis batu imitasi yang dibuat mirip seperti batu berlian.

"Kalau batu sirkon lebih murah, karena kita nggak hitung harga batunya, jadi hitung berat emasnya saja. Kalau batu berlian asli ya dihitung, misalnya satu batu kecil ukurannya 0.10 karat, harganya Rp 200 ribu. Jadi nanti tergantung mau ada berapa batu yang dipasang," ucap wanita yang sudah dua tahun ini menjadi pedagang perhiasan di toko milik orang tuanya.

Jika dilihat secara kasat mata, batu sirkon dan berlian asli memang agak susah dibedakan oleh orang awam. Namun jika dilihat dari cahaya yang dipantulkan, terlihat batu berlian asli lebih bercahaya dan kilaunya lebih jelas. Sedangkan batu sirkon lebih redup dan tidak memantulkan cahaya yang berkilau.

Sumber : Wolipop

Cara Cermat Pilih Cincin Kawin Saat Terhalang Biaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Cincin Kawin Perak Murah